telusur.co.id – Presiden terpilih Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, bertemu dengan pemimpin negara itu pada hari Selasa, beberapa jam setelah sayap kiri mengatakan dia akan menempatkan pekerjaannya di garis untuk recall referendum setengah jalan melalui masa jabatan enam tahun.

Lopez Obrador, yang menang telak dalam pemilihan hari Minggu dan berkuasa di bulan Desember, melakukan perjalanan dengan sebuah Volkswagen sedan putih pada hari Selasa untuk pertemuan dengan presiden tengah Enrique Pena Nieto di istana kepresidenan di distrik pusat kota kolonial ibukota.

Lopez Obrador dan Pena Nieto akan membahas kebijakan anggaran, perdagangan dan energi 2019. Presiden terpilih mengatakan dia akan mengadakan konferensi pers setelah pertemuan seperti dilansir reuters.com

Mantan walikota Mexico City memenangkan 53 persen suara pada hari Minggu, margin terbesar untuk pemilihan presiden sejak awal 1990-an, memberinya mandat yang kuat untuk membuat perubahan mendalam terhadap kebijakan di dalam dan luar negeri.

Lopez Obrador membahas imigrasi, perdagangan dan keamanan dengan Presiden AS Donald Trump pada hari Senin.

Pilihannya sebagai menteri luar negeri, Hector Vasconcelos, mengatakan pada hari Selasa bahwa panggilan antara dua pemimpin, dilakukan melalui penerjemah, telah memberikan pengaturan ulang dalam hubungan yang tegang antara kedua negara.

“Itu sangat sukses, ditandai dengan rasa saling menghormati mutlak,” katanya kepada jaringan TV Televisa, mengatakan belum ada tanggal untuk kedua orang itu bertemu.

Lopez Obrador, yang menghindari pengawal, dikelilingi oleh juru kamera TV di sepeda motor selama perjalanannya ke istana, dan tiba di sana ke scrum media yang bergejolak.

Dia mengatakan dia berusaha untuk menyatukan negara. “Saya menantikan konsiliasi untuk mencari transisi terorganisir untuk semua orang,” kata Lopez Obrador kepada wartawan, yang mendorong dan mendorong dalam upaya untuk berbicara dengannya. “Saya tidak ingin bodyguard … kami tidak akan bertindak seperti itu, tetapi saya juga tidak ingin digencet.”

Lopez Obrador berjanji untuk meningkatkan kehidupan bagi orang-orang Meksiko dan reputasi global negara dengan mengakhiri korupsi, menerapkan hukum dan mengurangi kesenjangan kekayaan. (ham)

Bagikan Ini :