telusur.co.id – Presiden Iran Hassan Rouhani tak gentar menghadapi Amerika, dengan mengumpulkan dukungan menjelang pertemuan akhir pekan ini antara Iran dan lima kekuatan global yang masih menjadi pihak dalam kesepakatan nuklir 2015.

“Iran akan tetap berkomitmen terhadap kesepakatan itu, selama kepentingannya dipertahankan,” kata Rouhani.

Teheran mengatakan menteri luar negerinya akan bertemu rekan-rekan dari sekutu AS Inggris, Perancis dan Jerman, serta Rusia dan China, di Wina pada Jumat untuk membahas cara-cara mempertahankan kesepakatan nuklir.

Lima kekuatan lainnya semuanya mengatakan mereka masih mendukung kesepakatan meskipun keputusan AS untuk mengundurkan diri. Iran telah meminta negara-negara Eropa untuk datang dengan paket ekonomi baru untuk mengimbangi sanksi AS dan melestarikan perjanjian itu.

“Pada pertemuan itu, yang akan diadakan atas permintaan Iran, menteri luar negeri Iran dan lima kekuatan dunia akan membahas paket Eropa yang diusulkan dan langkah-langkah untuk melindungi perjanjian tersebut,” kantor berita negara Iran IRNA melaporkan pada hari Selasa.

Para penandatangan kesepakatan, minus Amerika Serikat, telah bekerja pada pertemuan tingkat menteri di Wina selama berminggu-minggu dan tanggal tersebut telah tergelincir beberapa kali sejak persiapan dimulai.

“Untuk saat ini, itulah rencananya,” kata sumber Uni Eropa. “Orang-orang Iran mengharapkan yang lain untuk mengatakan apa yang akan kami lakukan untuk menjaga agar kesepakatan tetap hidup.” (ham)

Bagikan Ini :