Jakarta, Telusur.co.id – Kekalahan versi quick count SMRC pasangan nomor urut dua, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) di Pilgub Bali 2018 mendapat atensi dari DPP Demokrat di Jakarta. Seperti diketahui, Mantra-Kerta sendiri diusung oleh Demokrat dan beberapa partai lainnya yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Bali (KRB).

Ketua DPP Demokrat yang juga Wakil Komandan Satuan Bersama (Kogasma) untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, E. Herman Khaeron mengatakan bahwa dalam setiap kontestasi di Pilkada 2018 merupakan hal yang wajar ada menang dan kalah. Bahkan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi menyeluruh kepada daerah-daerah dimana Paslon usungan Demokrat kalah, termasuk di Bali.

“Kontestasi dalam pilkada pasti ada menang dan ada kalah. Evaluasi menyeluruh terhadap pilkada serentak penting,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa, (3/7/2018).

Menurutnya, evaluasi tersebut penting bagi persiapan Demokrat menghadapi Pemilu 2019. “Untuk kemajuan partai ke depan, tetapi bukan evaluasi terhadap kinerja DPD Partai Demokrat,” lanjutnya.

Kemudian saat disinggung mengenai sikap DPP terkait posisi salah satu Anggota Dewan Pembina DPP Demokrat yakni Gubernur Bali, Made Mangku Pastika yang memilih netral dan tidak bekerja memenangkan Paslon Mantra-Kerta. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menjawab secara diplomatis, ia mengaku hal tersebut merupakan kewenangan dari Komisi Pengawas DPP Demokrat

“Penilaian itu diluar tupoksi saya, ada Kowas yang berhak mendalami hal itu,” kelitnya.

Walaupun begitu, secara umum pihaknya bersyukur bahwa partainya mampu memenangkan 50 persen lebih Pilkada Serentak di seluruh Indonesia. Hal ini menurutnya berada di atas target yang sebelumnya dicanangkan yakni 35 persen.

“Bersyukur bagi Partai Demokrat hasil sementara dari pilkada serentak dapat memenangkan 50 persen lebih pilkada dari target 35 persen,” paparnya.

Bahkan, pihaknya optimistis raihan 15 persen atau setara 86 kursi DPR RI akan mampu diraih. “Kami secara umum menang di 50% lebih pilkada seluruh indonesia, sehingga optimis di pileg akan mencapai target yg di canangkan rakernas 15% kursi DPR, syukur bisa lebih dari itu,” terangnya. (Made Ariawan)

Bagikan Ini :