Bekas PM Malaysia, Najib Razak/Net

telusur.co.id- Najib Razak merupakan perdana menteri yang pertama diseret ke meja pengadilan terkait penggelapan dana publik. Najib tiba di pengadilan Mayasia pada Rabu (4/7/18) dikawal sekitar 20 petugas kepolisian dengan pengamanan yang serba ketat.

Wakil Presiden Partai Keadilan Rakyat, Tian Chua, mengatakan, sejarah pengadilan Malaysia belum pernah membawa bekas perdana menterinya ke meja Hijau. Najib adalah tokoh pertama yang merubah sejarah tersebut.

“Ini menandakan era baru, di mana tidak seorang pun di kantor publik akan kebal dari tindakan hukuman jika mereka menyalahgunakan kekuasaan,” ujar Tian Chua.

Kantor berita negara Malaysia, Bernama melaporkan, Jaksa Agung Tommy Thomas akan memimpin tim penuntut. Selain itu, Najib kemungkinan bakal menghadapi lebih dari 10 dakwaan, terkait dugaan penyalagunaan kekuasaan soal SRC International Sdn Bhd.

SRC adalah sebuah perusahaan energi yang awalnya merupakan anak perusahaan dari 1MDB.

Laporan investigasi Wall Street Journal menyebutkan, jika ada 10,6 juta dollar AS yang berasal dari SRC ditranfer ke rekening Najib. Jumlah tersebut cuma sebagian dari ratusan juta dollar AS dari perusahaan 1MDB yang diduga mengalir ke rekeningnya.[far]

Bagikan Ini :