Net

telusur.co.id – Politikus senior Partai Golkar, M. Jusuf Kalla disebut-sebut sedang menyiapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan pengamat politik yang juga Direktur IPI, Karyono Wibowo, kepada wartawan, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/18).

Menurut Karyono, banyak pihak terkecoh dengan wacana duet Jusuf Kalla dengan Ketua Komando Tugas Bersama (Kosgama) DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (JK-AHY).

“Saya menduga justru Jusuf Kalla sedang mempersiapkan Anies Baswedan. Ini dugaan saya. Tapi publik kesannya (melihat) Pak JK yang mau maju,” kata dia.

“Saya menduga itu Pak JK.”

Bagi dirinya duet pasangan Anies-AHY sangat menarik. Itu pasangan muda-muda yang terinspirasi Pilgub DKI, dimana Anies Baswedan dipasangankan dengan Sandiaga Uno, dan memenangkan Pilgub DKI 2017 lalu.

“Jadi yang dijual figur muda yang visioner, yang smart. Seandanya (Anies-AHY) bersatu jadi Capres dan Cawapres, ini sangat menarik. Tetapi, magnitude politiknya masih besar Jokowi,” kata Karyono.

Namun, lanjutnya, Jokowi harus tetap berhati-hati. Sebab, Jokowi bisa kalah dari Anies-AHY jika salah memilih pendamping.

“Tapi hati-hati, kalau Jokowi salah pilih wakil, itu bahaya,” kata dia.

“Pasangan Anies-AHY itu bagian dari lobi-lobi JK.” [ipk]

Bagikan Ini :