telusur.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menetapkan pasangan Cagub-Cawagub Jatim, Khofifah-Emil unggul dalam rekapitulasi perolehan suara Pilkada Jatim di Kota Pahlawan yang digelar di KPU setempat selama 15 jam mulai Kamis (5/7) siang hingga berakhir Jumat dini hari.

Komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia mengatakan rapat pleno pada Kamis (5/7) sempat diskors sekitar pukul 23.10 WIB karena saksi dari pasangan nomer urut dua Cagub-Cawagub Jatim, Gus Ipul-Puti meminta agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tambaksari mengambil kotak suara untuk membuka form C7.

“Rapat pleno terus berlanjut sampai dengan selesai sampai jam berapapun juga. Tidak ada penundaan,” kata Nurul yang juga pimpinan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Jatim di KPU Surabaya (6/7/18).

Dengan berakhirnya rekapitulasi untuk Kecamatan Tambaksari, lanjut dia, maka berakhir pula proses rekapitulasi Pilkada Jatim 2015 di tingkat KPU Surabaya.

Adapun untuk perolehan suara pasangan Cagub-Cawagub Jatim nomor urut satu Khofifah-Emil meraih 579.246 suara, sementara pasangan calon nomor urut dua, Gus Ipul-Puti memeroleh 560.848 suara.

Proses rekapitulasi sempat diwarnai perdebatan antara saksi dengan komisioner KPU Surabaya hingga berujung penolakan tanda tangan hasil rekapitulasi dari saksi pasangan calon nomor dua. (ant)

Bagikan Ini :