telusur.co.id – Nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan semakin laris untuk dijadikan kandidat calon Presiden 2019.

Setelah sebelumnya ramai dibicarakan Anies akan diusung bersama Agus Harimurti Yudhoyono, kini sejumlah aktivis dan pegiat demokrasi yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIS) mendeklarasikan bekas Mendikbud RI itu sebagai Capres RI periode 2019-2024.

Menurut Koordinator ANIS, La Ode Basir, pihaknya menilai Anies sosok tepat memimpin Indonesia. Anies diyakini mampu mengangkat martabat Indonesia di forum internasional

“Dia muda, pandai, jujur. kompeten, dan memiliki visi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia,” kata La Ode Basir dalam acara Deklarasi Anies for President, di Gedung Juang, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/18).

Acara deklarasi ini digagas sembilan tokoh aktivis, yakni La Ode Basir, Dany Kusuma, Ajun Banda, Moestaqiem Dahlan, Syarif Hidayatulloh, M. Iqbal Siregar, Yakub Arupalaka, dan Musliadi.

Menurut Basir, ide mengajukan Anies untuk bertarung di Pilpres 2019 merupakan aspirasi yang ditangkapnya dari kunjungannya ke berbagai daerah. Masyarakat di berbagai daerah, menurut dia, menginginkan Anies maju dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Mereka memandang lndonesia perlu sosok pemimpin muda yang berani, jujur, dan kompeten,” kata Basir.

Basir mengatakan, Anies memiliki prestasi yang diakui kalangan global antara lain pada tahun 2008 majalah Foreign Policy, AS memasukkan nama Anies Baswedan dalam 20 Tokoh Intelektual Dunia, di mana nama Anies disejajarkan dengan tokoh perdamaian Noam Chomsky dan para penerima penghargaan Nobel, seperti Shirin Ebadi, Al Gore, Muhammad Yunus, dan Amartya Sen, serta Vaclav Havel, filsuf, negarawan, sastrawan, dan ikon demokrasi dari Ceko.

Selain itu pada tahun 2009 World Economic Forum yang  berpusat di Davos memilih Anies sebagai salah satu Young Global Leaders.

Sedangkan tahun 2010 majalah Foresight terbitan Jepang juga memasukan nama Anies dalam 20 Tokoh Perubahan Dunia Dalam 20 Tahun Mendatang bersanding dengan 19 nama tokoh dunia seperti pemimpin Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menlu Inggris David Miliband anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House of Representative AS, Paul Ryan.

Nama Anies juga disebut masuk dalam jajaran 500 Tokoh Muslim berpengaruh di dunia serta penghargaan lainnya yang diterima Anies seperti Gerald Maryanov Award, Nakasone Yasuhiro Award, dan sejumlah penghargaan lainnya dari lembaga global maupun nasional.

“Deretan penghargaan itu menunjukkan, sosok Anies diakui kapasitas dan kompetensinya secara nasional maupun global,” kata Basir.

Basir menekankan selain sebagai seorang pemimpin muda pintar, punya kapasitas dan integritas tinggi, memiliki jaringan serta kemampuan diplomasi global yang bagus, Anies juga merupakan sosok pribadi yang taat beribadah dekat dengan umat dan tokoh lintas agama maupun komunitas.

Dia menambahkan, di sisi lain Anies yang saat ini menjadi Gubernur DKI Jakarta telah menunjukkan komitmennya dalam menuntaskan janjinya saat kampanye sebagai Gubernur DKI, antara lain dimulainya pembangunan rumah DP 0 rupiah. janji soal reklamasi, hingga janji soal penutupan tempat hiburan Alexis.

“Dan hebatnya lagi, serta patut dicontoh, adalah tentang reklamasi dan Alexis dilakukan dengan cara-cara cerdas dan bermartabat,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :