TGB/Net

telusur.co.id – Belakangan ini, nama Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang kian ramai dibicarakan. Terlebih, setelah Gubernur Nusa Tenggara Barat dua periode itu menyatakan jika Presiden Joko Widodo layak diberikan kesempatan kedua untuk memimpin Indonesia.

Nama TGB, sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak masuk ke dalam beberapa lembaga survei. Dimana, ia masuk dalam lima besar tokoh, dengan skor tertinggi untuk menjadi calon Wakil Presiden RI.

Salah satunya, sebagaimana hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC). Dalam survei, selain TGB, ada nama Mahfud MD, Sri Mulyani, Said Aqil Siraj, dan Airlangga Hartarto.

Namun, dalam setiap pemilihan, baik itu Pilbub, Pilwalkot, Pilkada, Pileg maupun Pilpres, kandidat harus menyiapkan uang yang cukup.

Lantas, berapa harta kekayaan TGB jika ia dipilih sebagai pendamping Jokowi di Pilpres 2019?

Jika nanti Tuan Guru Bajang dipilih menjadi calon Wakil Presiden RI mendampingi Jokowi, tentu dia butuh modal (capital), dan tentu untuk kontestasi politik pada level itu membutuhkan dana yang tak sedikit.

Berdasarkan penelusuran redaksi, pada aplikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) kepada KPK, TGB tercatat telah melaporkan harta kekayaan sebanyak empat kali.

Terakhir, dia melaporkan harta kekayaan saat mencalonkan diri sebagai Gubernur NTB untuk periode kedua, tahun 2013.

Total harta kekayaan orang nomor satu pada pemerintahan di NTB ini dalam dokumen LHKPN KPK tersebut sebesar Rp 11,431 miliar.

Meningkat dari LHKPN yang dilaporkan 26 Juli 2010 yang nilainya Rp 5,527 miliar. [ipk]

Bagikan Ini :