telusur.co.id – Sebastian Vettel telah memperpanjang keunggulannya di kejuaraan dunia setelah kemenangan atas Lewis Hamilton di GP Inggris yang kacau dan kontroversial.

Pada sore yang dramatis di Silverstone, Hamilton menempati posisi kedua meski dipukul oleh rekan setimnya di Vettel, Kimi Raikkonen pada lap pertama.

Ini adalah yang kedua kalinya dalam tiga balapan di mana mobil Ferrari bersinggungan dengan Mercedes di awal.

Hamilton memilih untuk tidak berbicara segera setelah balapan tetapi kemudian berkata di podium: “Kami akan terus berjuang. Taktik menarik dari pihak mereka.”

Bos Mercedes Toto Wolff, mengatakan serentetan bentrokan di putaran pertama adalah “disengaja atau tidak kompeten.”

Valtteri Bottas memimpin balapan dengan lima lap tersisa tetapi, berjalan di ban lama setelah Mercedes memilih melawan pitting Finn di belakang Safety Car, dikalahkan pada putaran berturut-turut oleh Vettel, Hamilton dan Raikkonen.

The Finn kemudian mengakui itu adalah kesalahan untuk tetap keluar – salah satu dari beberapa kesalahan strategis yang telah dilakukan Mercedes musim ini.

Daniel Ricciardo dari Red Bull berakhir di urutan kelima setelah rekan setimnya Max Verstappen berputar ke kerikil karena kegagalan rem-by-wire.

“Kami menang di kandang sendiri,” kata Vettel melalui radio tim saat dia melewati garis dengan memimpin delapan poin dari kejuaraan. (ham)

Bagikan Ini :