Sutarmidji (salam heavy metal) dan Ria Norsan/Net

telusur.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengumumkan hasil rekapitulasi suara pemilihan gubernur Kalbar. Hasilnya, pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul dengan memperoleh 1.334.512 suara. Dengan raihan itu, Sutarmidji menjadi orang nomor wahid di Kalbar.

“Pasangan nomor urut tiga, Sutarmidji – Ria Norsan unggul dengan perolehan sebanyak 1.334.512 suara,” ujar Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdan saat rapat pleno yang di Qubu Resort, Kubu Raya, Minggu.

Ramdan menjelaskan perolehan suara selanjutnya baru disusul oleh pasangan urut dua, Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot dengan perolehan 1.081.876 suara.

“Sedangkan untuk pasangan calon nomor urut satu, Milton Crosby – Boyman ?Harun memperoleh ?172.151 suara,” kata dia.

Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 tersebut suara sah sebanyak 2.588.541 suara. Sedangkan untuk tidak sah 54.933 suara. Total suara sah dan tidak sah sebanyak 2.643474 suara.

“Dalam pesta demokrasi kali ini partisipasi pemilih sebesar 75 persen dari DPT yang ada atau naik 1,45 persen dari pemilu sebelumnya,” kata dia.

Dalam pleno yang berlangsung, hadir dua perwakilan saksi dari pasangan calon nomor urut dua dan tiga. Sedangkan saksi untuk pasangan calon satu tidak menghadiri.

Pleno berjalan aman dan lancar. Namun demikian tetap dikawal ketat oleh aparat di lokasi pleno. (ant)

Bagikan Ini :