Jokowi dan TGB/Net

telusur.co.id- Hasil survei LSI Denny JA, nama Tuan Guru Bajang (TGB) dan Mahfud MD masuk dalam bursa pendamping Joko Widodo maju pada Pilpres 2019. Kedua tokoh ini masuk sebagai cawapres ideal dari unsur pemuka agama.

Demikian disampaikan peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di kantornya, Jakarta, Selasa (10/7/18). Elektablitas kedua tokoh Islam itu, jaraknya tidak terlalu jauh.

Elektabilitas Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, sebesar 12,3 persen. Sedangkan, anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu sekitar 9,5 persen.

Namun, yang berada di posisi teratas tokoh ideal mendampingi Jokowi ialah Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ma’ruf Amin, dengan elektabilitas 21 persen.

“Dari nama-nama yang disodorkan dalam survei LSI Denny JA, nama KH Ma’ruf Amin berada dalam posisi pertama sebagai cawapres ideal Jokowi,” papar Adjie.

Kemudian, posisi kedua ditempati oleh Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban (UKP DKAAP), Din Syamsuddin, sebesar 17,2 persen.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 28 Juni hingga 5 Juli 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/-2,9 persen.

Survei dilaksanakan di 33 propinsi di indonesia. Dengan metode expert judgment, anailsis media, FGD, dan in depth interview.[far]

Bagikan Ini :