Donald Trump/thesun.co.uk

telusur.co.id – Presiden Donald Trump mengumumkan empat kandidat untuk menempati hakim di Mahkamah Agung AS, dengan empat hakim banding federal yang konservatif sebagai calon teratas untuk berhasil pensiun lama Justice Kennedy.

Keempat hakim dengan kredensial konservatif yang kuat: Thomas Hardiman, Brett Kavanaugh, Raymond Kethledge dan Amy Coney Barrett seperti dilansir Reuters.

Semuanya cukup muda sehingga mereka bisa melayani di sembilan-anggota pengadilan tinggi selama beberapa dekade. Trump, yang menyebut-nyebut nominasi Mahkamah Agung sebagai salah satu tugas terpenting dari kepresidenannya, siap mengumumkannya pada jam 9 malam. (0100 GMT Selasa).

Seseorang yang akrab dengan proses seleksi menunjukkan Trump mempersempit lapangan, dengan Barrett paling mungkin di antara empat yang akan dipilih.

“Presiden sangat terkesan dengan Barrett tetapi mengatakan pada sejumlah kesempatan mungkin yang terbaik untuk menyelamatkannya untuk lowongan di masa depan,” kata sumber itu, berbicara dengan syarat anonimitas.

Hardiman, 53 tahun, telah bertugas di Pengadilan Banding Sirkuit ke-3 yang berbasis di Philadelphia sejak 2007, yang telah ditunjuk oleh mantan Presiden Republik George W. Bush, setelah empat tahun sebagai hakim distrik AS di Pennsylvania barat.

Hardiman, sopir taksi satu kali dari Waltham, Massachusetts yang merupakan anggota pertama keluarganya untuk menghadiri kuliah, melayani bersama kakak Trump, Hakim Maryanne Trump Barry, di Sirkuit ke-3. Dia tidak lagi mendengar kasus.

Kavanaugh, 53, telah bertugas di Pengadilan Banding AS yang berpengaruh untuk Distrik Sirkuit Columbia sejak 2006. Seorang mantan pembantu Gedung Putih di bawah Bush yang sebelumnya bekerja untuk Kenneth Starr, penasihat independen yang menyelidiki mantan Presiden Demokrat Bill Clinton pada 1990-an, ia menghadapi pertempuran konfirmasi panjang ketika Bush menominasikannya ke jabatannya saat ini.

Kethledge, 51 tahun, telah bertugas di Pengadilan Banding Sirkuit ke 6 di Cincinnati sejak tahun 2008 setelah juga ditunjuk oleh Bush. Sebagai mantan asisten seorang senator Partai Republik, Kethledge juga sebelumnya bekerja sebagai pengacara internal untuk Ford Motor Co.

Barrett, 46, memiliki pengalaman peradilan paling sedikit dari empat, dengan hanya delapan bulan sebagai hakim setelah menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai sarjana hukum konservatif. Barrett diangkat oleh Trump ke Pengadilan Banding Sirkuit ke 7 di Chicago pada tahun lalu. Barrett, seorang ibu yang sudah menikah dari tujuh dan seorang Katolik Roma yang taat, adalah favorit di kalangan konservatif sosial dan pemimpin Kristen konservatif.

Bagikan Ini :