telusur.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak negara yang bergabung di NATO melakukan menggandakan anggaran hingga 4% dari output tahunan mereka (PDB) untuk belanja militer.

Pernyataan Trump diungkapkan selama pertemuan puncak militer Barat di Brussels.

Menanggapi desakan Trump, Sekjen Nato Jens Stoltenberg mengatakan fokus utama harus pada semua anggota mencapai target saat ini 2% dari PDB.

Ia menolak untuk menjawab pertanyaan spesifik tentang pernyataan Mr Trump, tetapi mengatakan kepada wartawan: “Saya pikir kita harus terlebih dahulu mendapatkan 2%, fokus pada itu sekarang … hal yang baik adalah bahwa kita bergerak untuk itu.”

Selama beberapa dekade setelah berakhirnya Perang Dingin, katanya, negara-negara NATO telah memotong anggaran pertahanan ketika ketegangan jatuh – dan sekarang diperlukan untuk meningkatkan mereka pada saat ketegangan meningkat.

Presiden AS sebelumnya telah mendesak Eropa untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pertahanan mereka dan mengurangi beban pembayar pajak AS mempertahankan pasukan di Eropa lama setelah berakhirnya Perang Dingin – tetapi tidak ada yang blak-blakan seperti Trump.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan: “Selama pernyataan presiden hari ini di KTT NATO dia menyarankan bahwa negara-negara tidak hanya memenuhi komitmen mereka 2% dari PDB mereka pada pengeluaran pertahanan, tetapi mereka meningkatkannya menjadi 4%. Presiden mengangkat masalah yang sama ketika dia berada di Nato tahun lalu.

“Presiden Trump ingin melihat sekutu kami berbagi lebih banyak beban dan paling tidak memenuhi kewajiban mereka yang sudah dinyatakan.”. (ham)

Bagikan Ini :