Net

telusur.co.id – Kremlin berharap KTT AS dengan Rusia di Helsinki dapat membuka jalan bagi Presiden AS Donald Trump untuk mengunjungi Moskow dan bagi Presiden Vladimir Putin untuk melakukan kunjungan resmi ke Washington.

Kedua pihak mengharapkan KTT yang digelar satu hari pada hari Senin, menghasilkan terobosan kebijakan besar mengingat hubungan AS-Rusia yang porak-poranda, yang merana di titik surut terendah sejak Perang Dingin.

Tetapi Kremlin, yang telah lama mendorong pertemuan seperti itu, berharap itu akan menjadi awal dari pencairan yang akan memungkinkan hubungan secara bertahap dibangun kembali dan bagi keduanya untuk bekerja sama secara pragmatis di daerah-daerah di mana mereka memiliki kepentingan bersama.

“Anda tidak pernah tahu tapi mari kita lihat, mungkin akan ada percakapan tentang kunjungan konkret ke Moskow atau ke Washington,” kata pembantu Kremlin Yuri Ushakov kepada wartawan pada hari Jumat, menyebut puncak “acara utama musim panas”.

“Kami ingin ada kemungkinan bahwa pembicaraan ini menciptakan atmosfer yang akan memungkinkan kita untuk mendiskusikan kontak masa depan dan, khususnya, kontak normal dalam bentuk kunjungan ke negara kita masing-masing.”

Ushakov mengatakan KTT, yang akan diadakan di istana kepresidenan Finlandia di Helsinki tengah, akan dimulai dengan dua pemimpin mengadakan pembicaraan satu-ke-satu dengan hanya ada juru bahasa.

Negosiasi kemudian akan diperluas untuk memasukkan anggota kedua delegasi, katanya, menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan mengadakan pembicaraan paralel di Helsinki dengan rekannya di AS, Mike Pompeo. (ham)

Bagikan Ini :