Foto: Wibi Andrino

Muda, cerdas, dan kreatif, itulah Wibi Andrino, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Dapil VII Jakarta Selatan, yang meliputu Setiabudi, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, dan Pesanggrahan.

Meski terbilang muda, dimana usianya saat ini masih 32 tahun, namun pengalamannya di dunia politik tak perlu diragukan.

Apalagi, alumni Universitas Trisakti dan Master Hukum lulusan Universitas Gadjah Mada itu, saat ini mengemban jabatan sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi DKI Jakarta.

Wibi pernah menempati sejumlah posisi dalam partai tersebut, diantaranya; Ketua Departemen Hukum, Advokasi, dan HAM; Bendahara Badan Advokasi Hukum; dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem Jakarta Pusat.

Sebelum terjun ke dalam dunia politik, Wibi Andrino aktif sebagai Anggota Peradilan Semu Universitas Trisakti. Ia juga merupakan kader SAPMA Pemuda Pancasila komisariat Trisakti dan berkecimpung dalam Advokasi Lumpur Lapindo sebagai sahabat WALHI (LSM Lingkungan Hidup).

Kemudian, ia memutuskan mendirikan firma hukum sendiri yakni Vox Populi & Co pada tahun 2014, hal itu dilakukan Wibi untuk ‘memuaskan nafsunya’ dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat Indonesia yang tidak mampu.

Wibi bersama Badan Advokasi Hukum (BAHU) DPP Partai NasDem juga pernah mengajukan uji materi tentang Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 7 Tahun 2010 tentang Asuransi Tenaga Kerja. Hal tersebut ia lakukan sebagai bentuk kepedulian dirinya kepada buruh migran, yang merupakan pahlawan devisa.

Rasa peduli kepada sesama anak negeri selalu melekat di dalam dirinya. Pada saat kasus hukum yang dialami TKI di luar negeri, dirinya turut ambil bagian untuk bisa membebaskan dua TKI, di dua negara, yakni Arab Saudi dan Tiongkok, yang divonis hukuman mati. Dimana kala itu, ia menduduki posisi sebagai Ketua Desk Perlindungan TKI BAHU NasDem.

Nama Lengkap:
Wibi Andrino

Tempat, Tanggal Lahir:
Lhokseumawe, Aceh, 15 April 1986

Karier:
Direktur Yayasan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum NasDem
Managing Partner Vox Populi & Co Law Firm
Sahabat WALHI

Pengalaman Organisasi;
Anggota Peradilan Semu (Universitas Trisakti)
SAPMA Pemuda Pancasila komisariat Trisakti
Ketua Bidang Politik IKA Trisakti
Anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI)
Ketua Bidang Pemuda PP Taman Iskandar Muda (PP TIM)
Bendahara DPP Badan Advokasi Hukum Partai NasDem
Sekretaris DPW Partai NasDem Prov DKI Jakarta

#JakartaBergerak

Bagikan Ini :