telusur.co.id– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku sudah diperintah Presiden Joko Widodo untuk segera mencairkan bonus bagi para atlet Asian Games.

Menurutnya, pencairan itu akan dilakukan pekan depan kepada mereka pahlawan olahraga yang berhasil menyumbangkan 89 medali (30 emas, 22 perak, 37 perunggu) untuk Indonesia.

“Untuk Asian Games 2018 ini akan kami percepat (pencairan bonus), sesuai dengan instruksi dari Bapak Presiden Joko Widodo yang ingin bonus ini dicairkan sebelum keringat atlet mengering,” kata Imam.

“Kami pastikan pekan depan bonus atlet peraih medali sudah cair, dan bonus ini diberikan baik bagi atlet maupun pelatih dan asisten pelatihnya,” sambung dia.

Politikus PKB itu merincikan pemberian bonus yang akan diterima para atlet, pelatih dan ofisial, diantaranya peraih Emas perorangan mendapatkan Rp1,5 Miliar, peraih Medali Emas untuk Pasangan/Ganda sebesar Rp1 miliar dan Emas beregu Rp750 juta Rupiah per atlet.

Kemudian, peraih perak perseorangan mendapat Rp 500 juta, perak untuk ganda sebesar Rp400 juta, dan perak beregu Rp300 juta per atlet. Lalu, peraih perunggu perseorangan mendapatkan Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta dan perunggu beregu mendapatkan Rp 150 juta per atlet.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bonus kepada pelatih dan asisten pelatih. Pelatih perseorangan/ganda mendapatkan Rp450 juta untuk emas, Rp150 juta untuk perak dan Rp 75 juta untuk perunggu. Selanjutnya, pelatih beregu mendapatkan Rp 600 juta untuk emas, Rp 200 juta untuk perak dan RP 100 juta untuk perunggu.

Lalu, medali kedua dan seterusnya, pelatih mendapatkan Rp 225 juta untuk emas, Rp75 juta untuk perak dan Rp37,5 juta untuk perunggu. Tak hanya itu, para asisten pelatih perseorangan/ganda mendapatkan Rp 300 juta untuk emas, Rp100 juta untuk perak dan Rp50 juta untuk perunggu.

Untuk, asisten pelatih beregu mendapatkan Rp 375 juta untuk emas, RP 125 juta untuk perak dan Rp 62,5 juta untuk perunggu. Medali kedua dan seterusnya para asisten pelatih mendapatkan Rp 150 juta untuk emas, Rp 50 juta untuk perak dan Rp 25 juta untuk perunggu.

Imam juga menyampaikan, selain bonus berbentuk uang, pemerintah akan memberikan para atlet berupa pengangkatan status sebagai PNS dan bonus rumah bagi setiap peraih medali. [Ham]

Bagikan Ini :