Cawapres Sandiaga Uno/foto: Net

telusur.co.id – Sebuah video pengakuan dari Sandiaga Uno mengejutkan publik. Bagaimana tidak, pengusaha muda yang hartanya konon mencapai hampir Rp 4 triliun itu mengakui dirinya keturunan Bugis, salah satu suku terbesar di Sulawesi Selatan.

Pengakuan itu disampaikan Sandi, terkait berita dirinya memiliki keturunan Bugis. Sandi menjelaskan, punya darah Bugis dari perkampungan Bugis di Sulsel.

“Saya sampaikan pak John Ario Katili memang betul adalah om saya,” kata Sandiaga dalam video yang beredar di situs berbagi video YouTube, Senin malam (13/8/18).

Sandi mengatakan, dirinya memiliki keturunan bugis dari ayahnya. “Kalau diurut dari atas memang ada darah bugis,” kata Sandiaga.

Pada bagian akhir video, Sandi memberikan salam kepada warga Sulawesi Selatan sambil mengepalkan tangan dan berkata “Ewako,” (Semangat atau berani).

BACA JUGA :  Soal Pilpres, Semua Pihak Diminta Tunggu Hasil Resmi KPU

Sandiaga Uno dikenal sebagai putra kedua Razif Halik Uno dan Rachmini Rahman (Mien Uno). Disebutkan jika Sandi memiliki leluhur dari masyarakat kampung Bugis di Gorontalo bernama Lasimpala (Tenrisumpala), Passompe (pelayar) asal Bugis yang membuka Kampung Bugis di Gorontalo.

Sandiaga Uno adalah cucu Abdul Uno yang pernah menerbitkan jurnal Ponoewa pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Keluarga Uno dikenal di Gorontalo Utara. Leluhurnya adalah marsaoleh (pemimpin onderdistrik) Kwandang yang bernama Alexander Uno. Bersama pemimpin Limboto, Gorontalo dan Suwawa, mereka membuat jalan puluhan kilometer yang menghubungkan Kwandang hingga Limboto pada awal abad XX.

Nenek dari garis ayah, Intan Ruaida Monoarfa, adalah anak dari Rais Monoarfa, Jogugu (kepala distrik) Gorontalo.

Dari keluarga Monoarfa ini garis darah Sandiaga Uno dapat ditelusuri hingga ke raja-raja yang yang pernah memerintah Kerajaan Gorontalo.

BACA JUGA :  Pengakuan Jujur Rocky Gerung: Jokowi Cocok Sebagai Kepala Keluarga, Bukan Kepala Negara

Makam raja dan pembesar kerajaan Gorontalo dapat dilihat di komplek pemakaman masjid Baiturrahim Kota Gorontalo.

Bagi warga Gorontalo, Sandiaga melengkapi banyak tokoh Gorontalo yang mengabdi di luar tanah leluhurnya, seperti mantan Presiden B.J Habibie atau tokoh sastra Indonesia H.B Jassin.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno berkunjung ke rumah Presiden ke-3 RI B.J Habibie di Jalan Patra Kuningan. Kunjungan itu dilakukan pada sela-sela aktivitas mereka berdua. Disampaikan Anies, Habibie adalah paman Sandiaga.

Kan Pak Habibie pamannya Pak Sandi, jadi ini silaturahim,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, sebelum berangkat ke rumah Habibie, Rabu (25/10/17). [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini