Amir Faisal/Istimewa

telusur.co.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

Tokoh muda Aceh, Amir Faisal berharap, perhelatan event olahraga tersebar di dunia setelah Olimpiade ini bisa memberikan ‘economic effect’ kepada masyarakat.

Indonesia, kata dia, sebagai penyelenggara tidak boleh berpikir hanya bisa mensukseskan event Asian Games secara perhelatan saja, namun yang terpenting bagiamana Asian Games bisa berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang bermuara pada kesejahteraan mereka.

Menurut Amir, ajang Internasional yang diikuti sejumlah negara-negara Asia itu merupakan momentum bagi pengusaha lokal dalam hal ini di sektor UMKM untuk meraup keuntungan.

BACA JUGA :  Diserang Di Medsos, Anies Sebut Rasanya Seperti Dilempari Tusuk Gigi

“Terlebih produk yang ditawarkan di sektor UMKM berbasis ke arifan lokal,” kata Amir kepada wartawan, di Jakarta, Senin (6/8/18).

Hal ini sangat sejalan dengan misi Pemerintah mempromosikan kebudayaan asli Indonesia, guna menarik minat wisatawan pada event empat tahunan tersebut.

“Kalau perlu Pemerintah menyiapkan ruang eksibisi bagi pelaku usaha UMKM untuk menjajakan produk mereka. Jadi tidak hanya produk Jakarta dan Palembang saja sebagai tuan rumah, tapi kalau bisa dari semua daerah dikumpulkan dan didukung penuh oleh Pemerintah,” kata Amir, yang juga Founder The Atjeh Connection Foundation.

BACA JUGA :  Cie cie. SBY dan Mega Duduk Satu Baris

Amir menegaskan, produk yang dihasilkan olek pelaku ekonomi di sektor UMKM sangat pantas bersaing di pentas Internasional.

Sebab, dari segi kualitas sangat mumpuni terlebih dengan kekuatan kearifan lokal dari masing daerah. Tentunya ini menjadi daya tarik selama penyelenggaraan Asian Games.

“Bagaimana dalam waktu sekitar sebulan nanti selama Asian Games kita benar-benar bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bangsa. Bagaimana sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sukses memberikan economic effect bagi kehidupan masyarakat,” kata Amir. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini