telusur.co.id— Amerika Serikat (AS) akan memberikan sanksi kepada India, bila membeli senjata dari Rusia.

Sanksi itu didasarkan pada peraturan AS atas aliansinya, salah satunya India, terkait Rusia. Jika aliansi bertransaksi dengan Rusia terkait sektor pertahanan, intelijen, maka surat sanksi nya akan dikeluarkan AS.

Namun, kongres memberikan pilihan kepada Menteri Luar Negeri dan Presiden untuk memberikan surat pembebasan tuntutan kepada aliansi jika melakukan transaksi dari senjata Rusia beralih ke Barat.

Staf Pentagon urusan Hubungan Keamanan Asia Pasifik, Randall Schriver mengatakan, surat tersebut tujuannya agar  India patuh pada peraturan.

BACA JUGA :  AS Gempur Suriah, Pemerintah Jangan Tinggal Diam

“Saya tidak bisa duduk diam dan mengatakan mereka akan dibiarkan saja, bahwa kami akan mengeluarkan surat pembebasan tuntutan, ” kata Schriver pada the Carnegie Endowment For International Peace dikutip South China Morning Post, Kamis (30/8/18).

“Kepentingan kami agar dapat memberikan alternatif dan menemukan cara untuk membantu India penuhi kebutuhan pertahanannya,” tambah Schriver.

Seperti diketahui, Negeri Abang Sam memang tengah menggunakan pendekatan yang tegas terkait diplomasi dan pertahanan dengan India.

Sebab, India sebagai aliansi,  dinilai mampu mengimbangi ambisi Cina di  Asia.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini