foto|bs

telusur.co.id РSikap Iran yang menggugat Amerika Serikat ke Mahkamah Internasional (ICJ) membuat negara paman sam kelimpungan.

Hal itu terlihat dari pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo bersumpah akan memerangi Iran di hadapan Mahkamah Internasional (ICJ) terkait sanksi baru terhadap Iran.

Pompeo mengungkapkan jika sanksi baru yang diberikan kepada Teheran untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasionalnya.

“Pengajuan Iran dengan ICJ adalah upaya untuk mengganggu hak kedaulatan Amerika Serikat untuk mengambil tindakan yang sah, termasuk reimposisi sanksi, yang diperlukan untuk melindungi keamanan nasional kita. Proses yang dilembagakan oleh Iran adalah penyalahgunaan pengadilan,” kata Pompeo dilansir aljazeera.com.

BACA JUGA :  Soal Iran, Perancis Ogah Nurut Sama Amerika

Iran telah meminta pengadilan internasional untuk memerintahkan AS untuk mencabut sanksi terhadap Teheran setelah Washington secara sepihak ditarik dari kesepakatan nuklir 2015.

Di Belanda pada hari Senin, Mohsen Mohebi, pengacara yang mewakili Iran, mengutuk AS karena “agresi ekonomi telanjang” di sesi pertama kasus ini.

Langkah-langkah yang telah dilakukan Amerika Serikat sudah merusak kedaulatan negara dan rakyat Iran. Lebih jauh, Iran mengatakan sanksi AS melanggar ketentuan perjanjian persahabatan yang kurang dikenal tahun 1955 antara kedua negara.

Teheran mengajukan kasusnya sebelum ICJ pada akhir Juli, menyerukan kepada hakim pengadilan tingkat tinggi PBB untuk memerintahkan kepada Amerika untuk pencabutan sanksi. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini