Diskusi bertajuk "Dinamika Golkar Pasca Pergantian Mensos" di Gado-gado Boplo. FOTO: telusur.co.id/Tio Pirnando

telusur.co.id- Ditunjuknya Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham, diduga karena ingin memperkuat suara Joko Widodo di Jawa Barat. Sebab, Pilrpes 2014 lalu, Jokowi kalah di tanah Pasundan.

“Asumsinya memberikan¬† penguatan basis Jokowi di Jawa Barat. Karena kita tahu bersama di 2014 perolehan pak Jokowi di Jawa Barat jauh tertinggal dari pak Prabowo,” kata Sirajuddin.

Selain itu, menurut Sirajuddin, dipilihnya  Agus Gumiwang, adalah bagian dari jalan tengah yang bisa menfasilitasi kepentingan Jokowi di Pilpres 2019 dan kepentingan internal Golkar

BACA JUGA :  Diisukan Jadi Mensos, Idrus : Dimanapun Tidak Masalah

“Penempatan pak Agus Gumiwang itu adalah salah satu langkah yang tepat¬† berkaitan dengan politik,” terangnya.

Senada dengan itu, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menilai, dipilihnya Agus memang untuk mengamankan suara Jokowi-Ma’ruf Jawa Barat.

Kemudian, untuk kepentingan internal Golkar, Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPD Jakarta Golkar dinilai untuk menjaga kondusifitas internal faksi-faksi yang ada di internal partai.

“Jadi ada dua kepentingan, di pemerintah untuk mengamankan suara Jawa Barat. Di Golkar untuk menjaga harmoni faksi-faksi,” imbuhnya.

BACA JUGA :  PDIP Tagih Janji Golkar

Ditambahkan Arya, sosok Agus juga sarat dengan kompetensi. “Terlebih sikap dia (Agus) merupakan pendukung Jokowi sejak dulu. Bahkan pernah dipecat dari Golkar karena berbeda (mendukung capres) dengan sikap organisasi,” tutupnya.[far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini