FOTO: Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman

telusur.co.id – Mundurnya Asman Abnur sebagai menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, lantaran partainya PAN tidak mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, menjadi pertanyaan, dan membingungkan.

Adalah Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman yang mengaku bingung dengan sistem di Kabinet Kerja Jokowi.

Menurutnya, alasan pengunduran diri Asman dari jabatan MenPAN-RB tak rasional dan sangat politis. Ia pun melayangkan kritik kepada Presiden Jokowi.

“Bedanya pemerintah ini dengan tim sukses Jokowi itu apa?” kata Habiburokhman di Kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Selasa (14/8/18).

BACA JUGA :  Sindir Jokowi, Yusril: Di Sini Masih Banyak Yang Miskin Dan Nganggur, Untuk Apa TKA?

Keanehan lainnya, mengacu pernyataan Mensesneg Pratikno, kinerja Asman tergolong memuaskan Jokowi. Habiburokhman terbingung, jika memuaskan mengapa diganti.

“Jadi ini ada apa?” kata Habiburokhman.

Ia pun menilai Kabinet Kerja Jokowi-JK saat ini tak profesional. Sebab, dirinya melihat seolah-olah ada campuran tim kampanye, tim pemenangan Jokowi dengan kabinet.

“Menurut saya nggak sehat seperti itu,” kata dia.

Habiburokhman meminta institusi negara yang bernama kabinet dihormati. Basis penilaian seorang menteri, menurutnya harus murni didasarkan kepada kinerja yang bersangkutan.

Terlepas dari mundurnya Asman Abnur, Habiburokhman menyoroti menteri-menteri yang ikut mendaftarkan Jokowi-Ma’ruf Amin ke KPU sebagai bakal capres dan bakal cawapres Pilpres 2019. Bagi Habiburokhman, potret tersebut sangat tidak etis.

BACA JUGA :  Sweeping Kaos 2019 Ganti Presiden, Kubu Sebelah Paranoid

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet sebagai konsekuensi koalisi politik.

Asman adalah menteri yang berasal dari PAN, partai pengusung pasangan Prabowo dan Sandiaga yang merupakan lawan dari pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini