Foto: Istimewa

telusur.co.id – Gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/18), mengakibatkan kerusakan di beberapa daerah dan juga menyebabkan puluhan orang meninggal dunia serta luka-luka.

Atasnama kemanusiaan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis, melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban.

Penggalangan dana tersebut dilakukan di berapa titik di Ciamis, salah satunya di simpang Kodim Jalan Raya Ciamis, Minggu (12/8/18).

Koordinator penggalangan dana HMI Cabang Ciamis, Hernawan mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai bentuk implementasi dari nilai-nilai Kemanusiaan.

“Ini adalah bentuk kepedulian sosial kami, dan diharapkan dapat mengurangi beban para saudara kita di NTB yang mengalami musibah,” kata Hernawan dalam keterangan kepada media.

BACA JUGA :  Meski Alat Deteksi Gempa dan Tsunami Rusak, BMKG Miliki Alat Deteksi Lain

Ketua Bidang Lingkungan Hidup HMI Cabang Ciamis ini menjelaskan, aksi solidaritas kemanusiaan itu juga dilakukan sesuai dengan instruksi yang di keluarkan dari PB HMI.

Maka dengan demikian menurut Hernawan, hasil donasi yang terkumpul akan dikumpulkan di PB HMI dan diserahkan langsung ke Korban Gempa Lombok.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Hendriawan Firmansyah menjelaskan. Selain adanya instruksi dari PB HMI, aksi galang dana digelar karena selaku kader HMI merasa terpanggil, tersentuh untuk bagaimana bisa ikut bergerak dalam melakukan suatu aksi solidaritas kemanusiaan.

BACA JUGA :  HMI Desak Kapolri Tindak Tegas Personilnya di Bengkulu

“Ya, kami merasa terpanggil maka dari itu kami menggelar aksi solidaritas ini,” kata dia.

Untuk itu, Hendri pun mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Ciamis, termasuk pejabat di lingkungan Kabupaten Ciamis untuk ikut berpartisipasi membantu korban bencana di Lombok dengan memberikan sedikit rezekinya.

“Mari kita bersama-sama ciptakan suatu gerakan gotong royong, menumbuhkan rasa simpati dan empati. Sebagai bukti solidaritas kemanusiaan,” kata dia. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini