telusur.co.id – Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini meminta pemerintah mengeluarkan seluruh kekuatan untuk menyisir dan mengevakuasi korban di berbagai tempat yang ada di wilayah Lombok maupun di kepualauan.

“Kita harapkan pemerintah evakuasi korban yang belum tersentuh oleh petugas,” desak Jazuli melalui keterangan tertulisnya, Senin.

Anggota Komisi I ini meminta kerjasama (koordinasi) sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) supaya evakuasi berjalan dengan lancar.

“Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelamatan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif,” pintanya.

BACA JUGA :  Usai Gempa Lombok, Bintang Puspayoga Motivasi Warga Untuk Bangun Usaha

Yang lebih penting, pemerintah harus menyiapkan berbagai kebutuhan para korban seperti tempat penampungan yang lengkap dengan dokter, paramedis, obat-obatan, makanan minum, selimut dan lain-lain. “Serta pakaian tentu harus menjadi prioritas penanganan,” saran Jazuli.

Gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan wilayah dan korban terparah di Lombok Tengah dan Lombok Timur pada petang, Minggu (5/8).

Gempa kali ini merupakan yang terbesar sejak pekan lalu dan menimbulkan korban jiwa sedikitnya data terakhir 91 orang meninggal dunia, 209 orang terluka, dan ribuan warga mengungsi dan ratusan bangunan baik rumah maupun fasilitas publik mengalami kerusakan.

BACA JUGA :  KAMMI Desak Pemerintah Segera Tetapkan Gempa Lombok Jadi Bencana Nasional

Gempa ini juga dirasakan kuat dan menimbulkan korban jiwa dan luka serta kerusakan di wilayah Bali. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini