Presiden RI Joko Widodo/Net

telusur.co.id –  Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintahannya akan terus mendukung pemberantasan korupsi  yang dilakukan KPK.

Disebut Jokowi, hal itu karen korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dilawan dengan cara-cara yang luar biasa.

“Pemerintah akan terus mendukung upaya KPK untuk memberantas korupsi. Pemerintah juga memberikan prioritas yang tinggi pada upaya pencegahan sebagaimana halnya dengan upaya penindakan,” kata Jokowi dalam sidang kenegaraan di Gedung Bundar Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/18).

Untuk itu, ia menyebut, Pemerintah telah mengeluarkan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, melalui Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018 sebagai arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi.

BACA JUGA :  Disayangkan, Sanksi Bawaslu Atas Pelanggaran Videotron Jokowi-Ma'ruf Masih Lemah

Selain itu, disebutnya juga Pemerintah juga meneruskan inisiatif Saber Pungli, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang sampai semester I tahun 2018 telah melaksanakan 2.911 kegiatan Operasi Tangkap Tangan.

Serta akan mempercepat penyelesaian kasus-kasus HAM masa lalu serta meningkatkan perlindungan HAM.

“Kita juga harus memberikan perhatian yang kuat pada upaya penghormatan, perlindungan, pemenuhan, dan penegakan Hak Asasi Manusia. Itu yang menjadi semangat Pemerintah dalam mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2015-2019,”

BACA JUGA :  Ketum PKB Resmikan Posko Jokowi-Imin

“Pemerintah berupaya mempercepat penyelesaian kasus-kasus HAM masa lalu serta meningkatkan perlindungan HAM agar kejadian yang sama tidak terulang lagi di kemudian hari,” kata Jokowi. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini