Pertamina/Net

telusur.co.id – Teka teki siapa yang akan menjadi orang pertama di PT. Pertamina (Persero) mulai terlihat terang, setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno membuka rahasia posisi yang saat ini dijabat Plt Direktur Utama, Nicke Widyawati itu.

Menurut Rini, Nicke adalah orang ‘asli’ Pertamina, ia juga akan menjabat sebagai Dirut baru Pertamina.

Insya Allah akan menjabat sebagai dirut baru Pertamina,” kata Rini, saat berpidato dalam acara peresmian gardu induk dan transmisi listrik 150 kilovolt (kV) Holtekamp-Jayapura, Papua, Jumat (24/8/18) kemarin.

Nicke ikut mendampingi Rini selama dua hari kunjungan kerja di Papua, termasuk meresmikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan gardu induk Holtekamp, bertemu dengan Relawan Tim Papua Terang, dan meninjau proses pembangunan jembatan Holtekamp.

Terkait nama Nicke yang akan menjadi orang nomor wahid di Pertamina, bukan kali ini saja disampaikan Rini Soemarno.

BACA JUGA :  Kinerja Buruk, Bos PLN Tak Pantas Jadi Dirut Pertamina

Pada hari Selasa, 31 Juli 2018, dimana saat itu Rini sedang berada di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, adik dari bekas Dirut Pertamina Ari Hernanto Soemarno, juga sudah mengisyaratkan Nicke akan memimpin perusahaan plat merah itu.

Konon katanya nama Dirut Pertamina sudah ada di tangan Presiden Jokowi. Selain Nicke, kabar yang beredar, kandidat lain adalah Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi.

Latar Belakang Nicke Widyawati

Nicke Widyawati

Dalam 2 tahun terakhir, sudah beberapa nama bergantian duduk di sana. Nicke Widyawati adalah satu-satunya calon kuat mengisi kursi direktur utama perusahaan energi raksasa dalam negeri itu.

Wanita lulusan ITB itu diangkat sebagai pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina menggantikan Elia Massa Manik yang dicopot mendadak dari jabatannya pada akhir April lalu.

BACA JUGA :  Depan Menteri BUMN, Ketua KPK: Bukan Nakut-Nakuti Monitoring Masih Berjalan

Nicke juga dilimpahi tugas sekaligus tetap sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina (sejak 27 November 2017) dan plt Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur (sejak 13 Februari 2018).

Nicke adalah Ketua Tim Implementasi Holding Migas, kerja besar yang dirampungkannya sebulan lalu dengan akuisisi Pertagas oleh Perusahaan Gas Negara (PGN).

Nicke sebenarnya orang baru di Pertamina. Ia mengawali karier di di PT. Rekayasa Industri (Rekind) hingga menjabat direktur bisnis dan vice president corporate strategy unit (CSU).

Sejak 2014 ia loncat menjadi Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero) hingga diangkat menjadi direktur SDM Pertamina November 2017 lalu.

Ia belum genap setengah tahun berada di dunia minyak dan gas tanah air. Namun pemanggilan oleh Presiden Jokowi itu adalah sinyal kuat kursinya di Medan Merdeka Timur tetap di tangannya. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini