telusur.co.id – Maraknya impor dari berbagai negara ke Indonesia, dikarenakan kebijakan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Hal itu sebagaimana disampaikan ekonom Faisal Basri dalam diskusi wacana pengendalian impor 900 komoditas di Jakarta Pusat, Rabu (29/8/18).

Menurut Faisal, sebelum membatasi komoditas impor, maka alangkah baiknya kelakuan menteri dari Partai Nasdem itu diperbaiki terlebih dahulu.

“Tertibkan dulu kelakuan Pak Enggar. Tadinya ada rekomendasi, sekarang nggak ada rekomendasi. Seperti air bah sekarang impor,” kata Faisal.

Ia memberikan contoh jumlah impor ban melonjak lebih dari 100 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Bahkan, kebijakan anak buah Surya Paloh itu tidak perlu rekomendasi dari Kementerian Perindustrian lagi untuk impor ban.

BACA JUGA :  Daya Serap Kabupaten Purwakarta 90%, Dedi Tak Khawatir Jokowi Ultimatum Beri Sanksi Daerah

“Datanglah ban-ban dari Cina yang murah dalam tanda petik tapi tidak bisa divulkanisir,” kata dia.

Begitu pula dengan industri tekstil, banyak pelaku usaha dalam negeri yang mengeluh karena di pasaran sudah banyak produk impor dari Cina yang harganya jauh lebih murah, sehingga menurunkan daya saing produk serupa yang berasal dari dalam negeri. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini