telusur.co.id – Dalam perkembangan sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara, konstitusi menempati posisi yang sangat penting,

Begitu disampaikan Ketua DPR RI Zulkifli Hasan saat membuka acara Hari Kostitusi yang diselenggarakan MPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Sabtu (18/8/18).

Menurut dia, muatan konstitusi saat ini semakin berkembang seiring dengan peradaban manusia dan organisasi-organisasi kenegaraan.

“Oleh karenanya, pemahaman dan pelaksanaan konstitusi menjadi semakin penting untuk dirumuskan dalam abad modern,” ucap Zul.

Tak hanya itu Zulhasan panggilan Akrab Zulkifli Hasan juga mengungkapkan, Wajah konstitusi Indonesia telah mengalami perubahan UUD 1945 sebagaimana perkembangan zaman.

BACA JUGA :  Ketua MPR Minta Generasi Now Harus Tingkatkan Kualitas

“Konstitusi Indonesia telah menjadi sebuah konstitusi yang lebih demokratis dan modern, suatu konstitusi yang mampu menjadi panduan dasar dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan berbangsa.,” jelas dia.

Tetapi dengan memiliki sebuah konstitusi yang demokratis dan modern kata Zulhasan, bukan berarti kehidupan kenegaraan dan kebangsaan yang demokratis dan modern. Semua tergantung kepada sejauh mana pelaksanaan konstitusi tersebut.

Oleh sebab itu dirinya berharap penyelenggara negara dan masyarakat luas yang belum mengenal dan memahami konstitusi, harus mulai mengenal makna dari konstitusi.

“Harapan pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam konstitusi kita masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” tukas dia.[far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini