telusur.co.id – Krisis keuangan yang melandah Turki membuat pemerintahan Cina turun tangan dengan menawarkan dukungan kepada Turki dari krisis mata uang dan sanksi AS.

Kementerian Luar Negeri China, dalam sebuah pernyataan singkatnya,  mengatakan bahwa pihaknya telah mencatat “arah baru” dari ekonomi Turki dan hubungan luar negerinya.

“Turki adalah negara pasar berkembang yang penting, dan tetap stabil dan mengembangkan manfaat perdamaian dan stabilitas regional,” tambah kementerian tersebut.

“China percaya bahwa Turki memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan ekonomi sementara, dan berharap pihak-pihak terkait dapat mengurangi perbedaan mereka melalui dialog,” katanya, mengacu pada Turki dan Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Turki Lawan Amerika, Erdogan : Lebih Baik Ditembak Di Leher Daripada Dirantai Di Leher

Kementerian juga merujuk pada laporan media bahwa Bank Industri dan Komersial China (601398.SS) telah menandatangani perjanjian pembiayaan senilai $ 3,8 miliar dengan Turki – sebuah referensi nyata untuk laporan media pemerintah China.

Kantor berita negara Xinhua melaporkan bulan lalu bahwa unit ICBC Turki telah menandatangani kesepakatan senilai $ 3,8 miliar di sebuah forum di Ankara, meskipun tidak memberikan rincian.

Pada hari Jumat, Kementerian Luar Negeri mengatakan Cina selalu mendukung kerjasama bisnis dan keuangan antara negara-negara dan penandatanganan kesepakatan sesuai dengan aturan pasar.

BACA JUGA :  Kecam Penyerbuan Al-Aqsha, Erdogan : Saudara Kami Mau Shalat Jumat..!

Seorang juru bicara ICBC mengatakan pada Jumat bahwa di unitnya Turki telah menandatangani nota kesepahaman untuk kerjasama di bidang infrastruktur, tetapi menolak untuk mengomentari angka $ 3,8 miliar.

China dan Turki telah mengembangkan hubungan yang semakin erat sejak menempatkan di belakang mereka perselisihan atas perlakuan China terhadap etnis Uighur, seorang Muslim yang berbicara dalam bahasa Turki dan tinggal di wilayah Xinjiang barat jauh Tiongkok. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini