net

telusur.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj mengatakan banyak figur yang layak untuk menggantikan posisi Ma’ruf Amin sebagai Rais Am PBNU.

Said Aqil memberikan sinyal, jika yang kemungkinankan bakal jadi pengganti Ma’ruf Amin ialah Wakil Rais Aam PBNU. Beliau adalah tokoh yang disegani di internal. “Gampangnya ya Wakil Rais ‘Aam naik,” ungkap Said Aqil di gedung PBNU, Jakarta, Selasa (14/8/18).

Jika dilihat dari struktur kepengurusan PBNU periode 2015-2020 yang menjad Wakil Rais Aam PBNU adalah Miftahul Akhyar.

BACA JUGA :  Said Aqil Akui Mahfud Kader NU, tapi Bukan Pengurus

Miftahul Akhyar adalah Pengasuh Ponpes Miftahul Jannah, Kedung Tarukan. Miftahul juga merupakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Jawa Timur, dalam susunan pengurus haran Syuriah, Miftahul Akhyar menjabat sebagai Wakil Rais Aam.

Rencananya, rapat pergantian Rais Aam PBNU akan dilakukan setelah KH Ma’ruf Amin selesai menunaikan ibadah Haji. “Sepulang beliau (Ma’ruf) dari haji, kita akan mengadakan rapat lengkap Mustasyar, Syuriyah, Tanfidziyah,” ungkapnya.

Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) NU, apabila ada pengurus yang mencalonkan diri sebagai pejabat publik maka harus mengundurkan diri. Ketentuan tersebut juga berlaku untuk Ma’ruf Amin. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini