Gambar/telusur.co.id (A.Juhriansyah).

telusur.co.id–Pentingnya peran serta kaum perempuan dalam pembangunan dan hal lainnya, membuat puluhan perempuan lintas profesi di Kalimantan Selatan merencanakan akan membuat salah satu organisasi bernama Rampak Sarinah Banua.

Organisasi yang akan menghimpun komunitas-komunitas perempuan lintas agama, profesi, pelajar dan mahasiswi, hingga kumpulan para istri ini diharapkan bisa mewujudkan kesetaraan yang merata bagi kaum perempuan.

“Insha Allah dalam waktu dekat akan segera mungkin membentuk kepengurusan di 13 Kabupaten-Kota di Kalimantan Selatan,” ujar Dr. Hj. Rosiyati MH. Thambrin, salah satu penggagas berdirinya Rampak Sarinah Banua Kalimantan Selatan kepada awak media, Senin (27/8).

Rosiyati  (panggilan akrab Dr. Hj. Rosiyati MH. Thambrin,red) menjelaskan bahwa Rampak Sarinah Banua adalah sebuah gerakan perempuan yang berdasar Pancasila dan menggunakan Buku Sarinah karya Sukarno sebagai pedoman dalam berkegiatan guna penguatan kaum perempuan.

“Hadirnya organisasi perempuan ini, diharapkan mampu menjadi sebuah pelopor kebangkitan gerakan perempuan di Kalimantan Selatan, dan adanya kesetaraan untuk melakukan pembangunan dan hal lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Sri Naida SSi. MPA salah satu penggagas akan berdirinya Rampak Sarina Banua Kalimantan Selatan juga memaparkan bahwa hadirnya organisasi perempuan ini, pihaknya akan menggalang solidaritas, dan menguatkan seni budaya Kalimantan Selatan menjadi bagian dari kehidupan perempuan.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat kepada kaum perempuan supaya bisa menambah pengetahuan bagi yang mengikutinya,” tambah Sri Naida.

Untuk itulah, harap Sri Naida dengan hadirnya organisasi Rampak Sarinah Banua Kalimantan Selatan dapat bermanfaat bagi kaum perempuan.
“Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kaum perempuan banua,” harap salah satu pengusaha Sasirangan yang berada di Banjarmasin dan Banjarbaru ini.(Achmad Juhriansyah).

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini