foto/Netralnews.com

telusur.co.id – Presiden Ashraf Ghani memberi selamat kepada angkatan bersenjata Afghanistan atas kemenangan mereka atas gerilyawan Taliban di kota Ghazni.

“Saya di sini untuk membantu semua orang yang menderita kerugian, saya berkomitmen untuk membangun kota dan juga melakukan segalanya untuk melindungi Ghazni,” kata Ghani.

Ia menyatakan bahwa telah mendapatkan kembali kendali penuh atas kota itu dengan menewaskan ratusan militan.

“Tentara kami bertempur dengan gagah berani dan kami berkomitmen untuk membawa perdamaian,” katanya.

Serangan terhadap Ghazni mengungkap cengkeraman rapuh yang didukung oleh pemerintah Ghani yang didukung Barat pada keamanan dan ketidakmampuannya untuk mencegah serangan militan skala besar.

Itu juga datang ketika pemerintah Ghani dan mitra internasionalnya telah mendorong gencatan senjata selama libur Idul Adha minggu depan.

Ribuan gerilyawan memasuki Ghazni setelah menghancurkan pos-pos pemeriksaan, menewaskan puluhan tentara dan polisi Afganistan, memotong komunikasi dan jalan raya.

Polisi mundur setelah para penyerang menangkap kantor-kantor pemerintah dan markas polisi, kata seorang pejabat keamanan senior di Kabul. Pemberontak kemudian berkeliaran di sekitar kota, menghancurkan toko-toko, memaksa warga sipil memasak untuk mereka, dan menggunakan beberapa sebagai tameng manusia selama bentrokan, kata pejabat itu.

Tentara Afghanistan, yang didukung oleh pasukan AS, mengusir Taliban dari kota yang rusak berat setelah lima hari pertempuran. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini