Foto: Biro Pers Setpres

telusur.co.id- Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya agar evakuasi para korban bencana gempa di Lombok yang belum ditemukan untuk diprioritaskan dalam penanganannya.

“Saya perintahkan langsung Kepala BNPB, Basarnas, Panglima TNI, dan Kapolri untuk segera bergerak fokus pada upaya-upaya evakuasi, termasuk di dalamnya evakuasi wisatawan yang ada di pulau di sekitar Lombok, memberikan perawatan kepada korban, dan penanganan pengungsi. Saya minta evakuasi yang belum ditemukan untuk menjadi prioritas,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/8/180.

Sejak menerima laporan bencana gempa di NTB pada 29 Juli lalu, Jokowi mengaku terus memantau proses penanganan. Dirinya selalu menerima laporan terkini mengenai jumlah korban baik yang meninggal maupun yang luka-luka serta jumlah kerusakan fasilitas umum.

BACA JUGA :  Mengaku Seorang Demokrat, Jokowi: Saya dan Pak SBY Bedanya Tipis

“Saya mendapat laporan dari lapangan proses pencarian korban terus dilakukan secara intensif dan sudah banyak mulai mengerahkan alat-alat berat,” jelasnya.

Selama proses tanggap darurat ini, Ia ingin jajarannya memastikan segala kebutuhan para korban terpenuhi baik ketersediaan logistik, tenda, selimut dan makanan. “Terutama makanan untuk bayi, obat-obatan, pasokan air, serta yang berkaitan dengan listrik,” tuturnya.

Nantinya, usai proses tanggap darurat berakhir, pemerintah akan mulai berfokus pada perbaikan tempat tinggal masyarakat maupun fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat gempa.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini