telusur.co.id- Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang bertetangga dengan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan negara asia tenggara lainnya. Filipina pernah menjadi wilayah kolonial Spanyol selama beberapa tahun. Filipina juga dikenal karena keindahan pantai dan pulau-pulau tropisnya.

Destinasi di Filipina cukup beragam, seperti kota yang penuh kepadatan Manila, lokasi scuba dan laguna di Palawan, Perbukitan Cokelat, Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan masih banyak destinasi lainnya.

Jika Anda baru pertama kali ingin mengunjungi Filipina, persiapkan tiket online  untuk menuju Manila, setelah itu simak artikel tips berikut ini sebagai panduan Anda selama berkelana di Filipina.

Lezatnya Kuliner Filipina

Mencari sesuatu untuk disantap saat sedang berwisata ke luar negeri dapat dikatakan susah-susah gampang. Oleh karena itu, Anda membutuhkan panduan. Makanan jalanan (street foods) di Filipina, terutama di Manila, sebenarnya cukup enak dan murah. Ada banyak bahan makanan lokal, seperti pisang, kentang, atau bubur dari nasi.

Makanan jalanan pun banyak bertebaran di beberapa titik di tepi jalan dan pasar. Namun, Anda harus cermat dalam memilih apa yang menarik untuk Anda makan.

Gunakan Tas Waterproof

Filipina terletak dekat dengan Samudera Pasifik dan beriklim tropis. Hal itu membuat negara kepulauan itu menjadi rentan terserang badai. Filipina juga memiliki curah hujan yang bisa dibilang tinggi, dan hujan bisa terjadi sewaktu-waktu meskipun sedang musim kemarau. Jika Anda berencana pergi ke daerah pantai El Nido, Coron, atau Panglao, selalu gunakan tas anti air agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Akan lebih baik kalau Anda juga menyediakan jas hujan sederhana untuk berjaga-jaga saat Anda terjebak hujan.

BACA JUGA :  Kanada Tinjau Kembali Pembelian Helicopter Oleh Filiphina

Karaoke

Penduduk Filipina menyebut karaoke sebagai videoke. Di restoran, rumah makan, atau di perkampungan di beberapa tempat di Filipina, Anda mungkin akan menemukan orang-orang melakukan karaoke. Baik di siang hari atau di malam hari. Videoke bisa dilakukan oleh penduduk lokal dan turis asing.

Jika Anda memang punya minat pada karaoke ala Filipina ini, segeralah bertanya kepada pelayan restoran atau penduduk setempat. Namun, tidak semua orang menyukai suasana riuh yang memekakkan telinga.

Comfort Room alias Toilet

Keunikan di Filipina salah satunya adalah penggunaan istilah “Comfort Room” untuk toilet dan kamar mandi. Jika Anda sedang berjalan-jalan di sudut kota dan tiba-tiba kebelet, Anda akan jarang menemukan tulisan toilet di beberapa tempat. Terkadang comfort room juga disingkat menjadi ‘CR’. Biasakan dirimu untuk mengingat hal ini ketika sedang berada di Filipina.

Kurangnya Akses Internet

Seperti di beberapa negara asia tenggara lainnya, akses internet di Filipina juga masih belum memuaskan. Para turis terpaksa bersabar untuk menggunakan akses internet yang memadai di beberapa lokasi yang menyediakan Wi-Fi, atau terpaksa menggunakan penyedia layanan lokal.

BACA JUGA :  Bom Meledak Di Kafe Internet, 15 Orang Terluka

Menurut beberapa wisatawan, ada dua penyedia layanan data terbesar di Filipina, yaitu Globe dan Smart. Tapi sayangnya, koneksi internetnya masih kurang maksimal, dan di beberapa tempat cuma mendapatkan sinyal 2G. Anda sangat disarankan untuk segera beradaptasi akan hal ini.

Akses Pantai

Biaya masuk adalah hal yang wajar bila berada di kawasan wisata. Pengelola wisata setempat akan memungut biaya sebagai retribusi untuk pemeliharaan pantai. Lokasi masuk ke beberapa pantai di Filipina sangatlah banyak. Beberapa pemandu wisata lokal bisa memberikan alternatif tempat masuk ke beberapa pantai yang berbiaya murah, sekitar 25 Peso Filipina (Rp 7.000).

Utamakan Destinasi yang Aman

Keamanan tentu hal yang utama saat berwisata. Faktor yang satu ini wajib dijaga oleh pengelola wisata atau pemerintah setempat demi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Namun, para wisatawan juga wajib menjaga dirinya sendiri demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu bersama rombongan seperjalanan juga membantu mencegah aksi kriminal terjadi.

Hingga kini, beberapa wilayah di Filipiina masih diperkirakan kurang aman untuk turis mancanegara.

Faktor tersebut membuat calon turis harus mempersiapkan segala dengan baik, dari mulai perencanaan dan tujuan destinasi. Anda sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai spot wisata yang akan Anda kunjungi setelah sampai di Filipina.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini