Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno/Net

telusur.co.id – Tata kelola lalu lintas Kota Moskow, Rusia, selama Piala Dunia kemarin, mencuri perhatian Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Maka dari itu, pada hari, Kamis (2/8/18), Sandi pun mengunjungi Moscow Traffic Management Centre, yang menjadi pusat komando, pengendalian, dan pengawasan lalu lintas Moskow.

Sandi, mempelajari tata kelola lalu lintas agar bisa diadaptasi Pemprov DKI dalam menghadapi Asian Games 2018.

“Kami sangat ingin belajar dari kesukesan Kota Moskow,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/8/18).

Menurut Sandiaga, sejak 2012 Pemerintahan Kota Moskow telah menerapkan sistem transportasi intelijen atau Intelligent Transport System (ITS).

BACA JUGA :  Tekan Angka Gizi Buruk di Ibukota, Gerindra Gagas Revolusi Putih

Melalui sistem tersebut, TMC Moskow dapat memonitor dan memprediksi kondisi lalu lintas sehingga kepadatan kendaraan mampu tersebar secara merata berdasarkan kapasitas ruas jalan. Dan CCTV yang digunakan sebanyak 2.048, serta 1.402 kamera dipasang di berbagai sudut Moskow.

Dengan demikian, kata dia, kondisi lalu lintas yang terjadi saat ini juga dapat dipantau langsung melalui layar informasi dalam kota, serta media lain yang telah bekerja sama dengan TMC Moskow.

“Informasi yang bisa diakses publik yakni waktu tempuh, kepadatan arus lalu lintas, kendaraan yang mogok, kecelakaan, gangguan ketertiban umum, maupun aksi massa.”

BACA JUGA :  Tim Prabowo-Sandiaga Lapor Dana Kampanye ke KPU

Sistem ini juga memungkinkan petugas berwenang bergerak cepat dalam mengatur kelancaran lalu lintas kota Moskow.

“InsyaAllah bisa diadaptasi oleh DKI Jakarta,” kata Sandi. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini