telusur.co.id- Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan sengketa Pilkada serentak. Kali ini, MK mendengarkan jawaban dan keterangan dari pihak termohon dan terkait. Salah satu daerah yang bersengketa adalah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pihak termohon dalam hal ini KPU Kabupaten Tabalong, diwakili oleh Agus Musdian Noor dan didamping biro hukumnya. Panwaslu Tabalong di wakili oleh Hirsanudin. Sedangkan, pihak terkait didampingi oleh kuasa hukumnya, Rd. Yudi Anton Rikmadani dan Andreas Arief Prayudi dari firma JKariem&Partner.

Dalam persidangan tersebut kuasa hukum pihak terkait, Yudi Anton menyampaikan, pada prinsipnya baik termohon maupun terkait menolak dalil yang diajukan oleh pemohon. Alasanya, permohonan pemohon sudah melewati batas yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undang.

BACA JUGA :  MK Diminta Tolak Uji Materi UU Pemilu Kerena Langgar Konstitusi

“Jangka waktu permohonan sudah melewati tenggang waktu yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yaitu melampaui waktu 3X24 jam,” kata Yudi disampaikan ke majelis hakim dipimpin oleh Aswanto, sedangkan hakim anggota Saldi isra dan Manahan MP Sitompul, di gedung MK, Jakarta, Rabu (1/8/18).

Menurut Yudi, permohonan yang disampaikan kuasa hukum pemohon, tidak perlu MK yang harus mengadili. Sebab, pelanggaran seperti itu bisa diselesaikan ditingkat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tabalong.

“Yang disampaikan kuasa pemohon bukan merupakan kewenangan MK untuk memeriksa dan mengadili dengan alasan dalilnya lebih kepada pelanggara-pelanggaran yang kewenangannya diselesaikan oleh Panswaslu. Dan, dalil yang diajukan pemohon mengada-ngada,” papar Yudi.

BACA JUGA :  AHY Temui Pemenang Pilgub Jatim

Yudi berharap MK dalam memutuskan sengketa ini, selalu berpegang teguh pada peraturan perundang-undang.

“Kami (pihak terkait) berharap majelis hakim tetap berpegang teguh pada peraturan peraturan perundang-undangan dalam sengketa Pilkada ini,” tutup Yudi.[tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini