Oesman Sapta Odang/Net

telusur.co.id – Langkah Mahkamah Konstitusi yang melakukan somasi terhadap Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang, dianggap tidak tepat.

Demikian pendapat pengamat politik Ray Rangkuti, saat dihubungi telusur.co.id, Rabu (1/8/18).

Menurut Ray, MK seharusnya tidak menempuh langkah hukum dengan melakukan somasi kepada pentolan Partai Hanura itu.

“Itu kan soal etika, dan tidak perlu dimasalahkan secara hukum oleh MK. Oleh karena itu, kalau pun protes ajukan saja ke Badan Kehormatan DPD,” kata Ray.

Ia pun menilai MK terlalu terburu-buru dalam menilai ocehan OSO sebagai penghinaan kepada lembaga negara.

BACA JUGA :  Belum Mau Bicara Cawapres, Ketum Hanura dan Presiden Gelar Pertemuan Tertutup

“MK harus perlihatkan kedewasaannya. Jangan dikritik sedikit main hukum, main lapor polisi. MK tidak perlu bawa ke ranah hukum, kalau perlu ke ranah etik karena OSO sebagai pejabat negara,” kata Ray.

(Baca: Berkata Kasar Ke MK, OSO Dianggap Panik Dan Tidak Punya Etika)

Sebelumnya, Direktur Jenggala Center, Syamsuddin Radjab menilai Oesman Sapta sangat tidak etis dengan menyebut Mahkamah Konstitusi (MK) gobl*k.

Menurutnya, sebagai pejabat negara, politikus asal Kalimantan Barat itu, tidak sepatutnya mengeluarkan pernyataan seperti itu. Sebagai pejabat negara, lanjutnya, mustinya punya standar etika yang lebih tinggi.

BACA JUGA :  Menang MK, Rahmat Effendi Dilantik 20 September

(Baca: MK Somasi OSO Gara-Gara Ucapan Kasarnya)

Diketahui, MK melayangkan surat keberatan atas pernyataan kasar OSO dalam sebuah acara talkshow di stasiun TV swasta yang ditayangkan secara live, Kamis (26/7/18) lalu.

Sekretaris Jenderal MK, Guntur Hamzah menilai, perkataan ‘gobl*k’ yang dilontarkan OSO telah merendahkan harkat martabat MK. Baik secara kelembagaan, individu hakim, maupun pada putusan-putusan MK.

“Suratnya telah kami layangkan kepada pak OSO dan sudah diterima oleh beliau,” kata Guntur dalam konferensi persnya di gedung MK, Jakarta, Selasa (31/7/18). [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini