Presiden USA,Donald Trump/thesun.co.uk

telusur.co.id – Tawaran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengadakan pembicaraan tanpa syarat dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, ditolak mentah-metah.

Penolakan dilakukan oleh para pejabat tinggi Iran, lantaran menganggap tawarkan Trump adalah sebuah langkah yang tidak berguna.

Selain itu, Iran menganggap tawan Presiden AS sebuah penghinaan, setelah Trump akan memberlakukan sanksi atas Teheran, menyusul penarikan AS dari perjanjian nuklir.

Sebagaimana dikutip dari reuters, Kamis (2/8/18), Kepala Dewan Strategi Hubungan Luar Negeri Iran, Kamal Kharrazi mengatakan, berdasarkan pengalaman buruk Iran dalam perundingan dengan Amerika, dan berdasarkan pelanggaran pejabat AS atas komitmen mereka, sudah alamiah bahwa Iran melihat tak ada nilai dalam tawaran Trump.

BACA JUGA :  Soal Nuklir Iran, Amerika Ditolak Mentah-Mentah Sekutunya

“Kami melihat tak ada nilai dalam proposalnya,” kata Kharrazi.

Disampaikan Kharrazi, Trump seharusnya memberikan ganti rugi atas pengunduran dirinya dari perjanjian nuklir serta memperlihatkan bahwa dia menghormati komitmen para pendahulunya dan hukum internasional.

Seorang pembantu senior untuk Rouhani mengatakan, satu-satunya jalan kembali ke pembicaraan ialah Washington harus kembali ke perjanjian nuklir. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini