telusur.co.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri sekaligus membuka  acara Musyawarah Besar ke-VII  Badan Musyawarah (Bamus) Betawi  di Balai Kota Jakarta, Sabtu (1/8/2018).

Anies mengaku bersyukur karena bisa menghadiri pembukaan Mubes Bamus Betawi. Meskipun,  pembukaan mubes ini  tidak sesuai dengan rencana yang sudah dipersiapkan sejak lama.

“Kita semua bersyukur saya pun bersyukur,  kita bisa sama sama berada di Balai Agung,  untuk bersama menghadiri pembukaan,  Mubes Bamus,  yang sudah direncanakan lama perjalanannya panjang, hari ini yang kita tunggu-tunggu datang juga,” kata Anies dalam pembukaanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini  berharap, Mubes bisa menjadikan babak baru bagi pejalanan Bamus Betawi. Apalagi,  sekarang ini simbol kebudayaan Betawi kian tampak di Ibu Kota.

Anies menjelaskan, warga Betawi memiliki peran penting dalam hal perubahan Jakarta.  “Saya berharap Mubes Bamus ini menjadi salah satu tonggak penting, bukan sekadar melestarikan Budaya Betawi. Kalau melestarikan, hanya menghasilkan museum,” ucapnya.

Adapun, yang dibutuhkan saat ini  terkait  dengan memperkenalkan Betawi ialah melakukan pengembangan budaya. Sehingga Betawi tak hanya dinikmati oleh warga DKI saja namun juga diperkenalkan ke daerah lain,  bahkan jika bisa sampai masyarakat mancanegara.

“Karena itu membutuhkan keberanian untuk melakukan terobosan kebudayaan yang melampaui zaman,” tutupnya.[Ipk]

Bagikan Ini :