Menko PMK Puan Maharani (Di tenga). FOTO: telusur.co.id/Althaf Rizka

telusur.co.id— Keberhasilan atle-atlet Indonesia membandrol medali di Asian Games 2018 menuai pujian dari semua kalangan. Namun, para atlet diminta untuk tak berpuas diri. Sebab, masih banyak event internasional yang akan diikuti, dan diharapkan atlet Indonesia tetap mengukir prestasi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PM) Puan Maharani mengatakan, pembibitan para atlet adalah kunci agar selalu sukses di setiap event internasional.

“Semua cabang olahraga sudah kita minta mempersiapkan bibit unggul baru untuk event internasional lain,” kata Puan di gedung Kemenko PMK, Jakarta, Senin (3/9/18).

Baca juga: Asian Games Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032

Dalam mencari bibit dan mempersiapkan atlet-atlet ini, lanjut Puan, tentu pelatih semua cabang olah raga haru ‘turun gunung’. Mereka, harus mencari atlet berbakat di setiap penjuru Tanah Air. Sembari, tetap fokus menempa atlet yang sudah terseleksi agar selalu mantap di setiap perlombaan.

“Ini tak mudah juga soalnya mencari bibit unggul di daerah itu tentu saja grooming perlu waktu yang panjang. Sejak kecil harus dilakukan pencarian bakat yang kuat di olahraga tertentu,” ujarnya.

Baca juga: Asian Games ‘Banjir’ Pujian, SBY Malah Ungkit Keberhasilan SEA Games 2011

Terkait persiapan anggaran, putri mantan presiden ke-5 RI itu menyataakan telah telah meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk selalu berkoordinasi.

Baca juga: Asian Games Sukses Digelar, Prabowo Puji Pemerintah

“Anggaran sudah dialokasikan, sudah di Kemenpora soalnya mereka pemegang kuasa pengguna anggarannya. Dan itu sudah kita bicarakan sebelum Asian Games,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Indonesia akan mengikuti SEA Games 2019 di Clark City, Filipina. Selanjutnya, akan menghadapi Olimpiade Tokyo 2020. [Althaf Rizka]

Bagikan Ini :