telusur.co.id- PDIP memastikan akan mendukung KPK dalam memberantas korupsi. Karenanya, PDIP telah memecat sembilan anggota DPRD Kota Malang, Jawa Timur, yang ditetapkan menjadi tersangka.

Demikiandisampaikan oleh politikus PDIP Eva Kusuma Sundari di Jakarta, Rabu (5/9/18).

Baca juga: 41 Anggota Ditetapkan Jadi Tersangka, DPRD Kota Malang Tersisa 4 Orang

“PDIP langsung memecat para anggota yang terbukti korupsi di DPRD Malang. Ini sebagai komitmen serius PDIP terhadap perang melawan korupsi,” kata Eva.

Anggota Komisi XI DPR ini melanjutkan, tak hanya kader yang diciduk lembaga antirasuah, bakal calon legislatif (bacaleg) yang pernah melakukan tindak pindana korupsi, juga langsung dilakukan pertukaran oleh PDIP. Hal tersebut merupakan dukungan partai terhadap PKPU Nomor 20 tahun 2018 terkait pelarangan eks koruptor menjadi caleg.

“Begitu Bawaslu menyemprit 5 bacaleg daerah PDIP yang terindikasi koruptor pada tanggal 17 Juli, PDIP langsung mengganti,” papar Eva.

Baca juga: 41 DPRD Malang Digarap KPK, Bukti Eksekutif Dan Legislatif Curang

Terkait Bawaslu yang akhirnya meloloskan beberapa eks koruptor menjadi caleg, PDIP menegaskan, tak terpengaruh dengan keputusan tersebut. Karenanya, internal partai besutan Megawati Soekarnoputri sudah berkomitmen akan mendukung pemberantasan korupsi.

“Kita tetap mendukung PKPU soal terkait di atas, meski kemudian Bawaslu bergeser posisi dengan mendukung bacaleg koruptor,” tutup Eva.[far]

Bagikan Ini :