foto|net

telusur.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh mengusulkan agar temuan DPT ganda segera dilaporkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dicek kembali kebenarannya.

“Kalau ada kegandaan silahkan dilaporkan saja dan kita bisa double cek dengan KTP elektronik yang ada. Supaya kita dapat telusuri,” ungkap Politikus PKB ini kepada wartawan, Jumat (07/09/18).

Permasalahan DPT ganda dalam Pemilu 2019 masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan partai politik. Tidak tanggung-tanggung ada 25 juta DPT ganda.

Nihayatul mengaku tidak begitu paham mengapa DPT yang perhitungannya berdasarkan E-KTP itu masih ditemukannya kegandaan. Padahal, dalam prosesnya menggunakan satu nomor induk kependudukan (NIK).

“Kan satu NIK itu dipakai satu orang. Gak mungkin dipakai banyak orang. Kalau terjadi kegandaan, pertanyaannya apakah KTP-el itu benar-benar melakukan perekaman atau tidak? Kalau kegandaannya terdapat di TPS yang sama dengan NIK yang sama itu berarti persoalan adminstrasi,” ungkapnya. (ham)

Bagikan Ini :