telusur.co.id – Ketua DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengingatkan kepada Rizal Ramli untuk membalas somasi yang disampaikan DPP Partai Nasdem terkait pencemaran nama baik Surya Paloh dalam waktu 3×24 jam.

“Kami dari Bahu Nasdem sudah mendapat kuasa, rencananya dalam waktu sangat segera kita akan sampaikan somasi. Kalau tidak ada halangan besok kami akan menyampaikan somasi. Somasi itu adalah peringatan umum biasanya 3×24 jam,” tegas Hermawi Taslim disela-sela konferensi pers di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Selasa.

Kata dia, somasi harus direspon dengan positif, kalau somasi tidak direspon dengan positif, maka DPP Partai Nasdem akan melakukan upaya hukum. “Kami akan melakukan berbagai upaya hukum yang sah dan legal di Republik ini diantaranya melakukan gugatan ke Bareskrim,” katanya.

Dilanjutkan dia, somasi yang dilayangkan DPP Partai Nasdem sebagai pelajaran buat semua rakyat Indonesia termasuk tokoh nasional untuk menjaga mulut dan pernyataannya. “Mulut itu harus dijaga dengan baik.”

Lebih jelas, Hermawi memaparkan jika pernyataan Rizal Ramli sudah masuk delik pidana. “Kami menemukan setidak-tidaknya dua unsur delik yang telah mengisyaratkan, pertama pasal 310 ayat 1 KUHP pidana dengan sengaja merusak kehormatan orang lain dan menyiarkan di depan umum,” katanya.

Yang kedua yakni pasal 311 ayat 12 KUHP pidana kejahatan penistaan dengan tulisan ini diancam hukuman 4 tahun. (ham)

Bagikan Ini :