FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, substansi hijrah pada saat ini ialah sikap mental yang terus berubah ingin jadi lebih baik. Perubahan dari kemungkaran menuju tingkat ketaqwaan.

Hal tersebut disampaikan Mahfud melalui cuitan di akun twitter @mohmafudmd, Selasa (11/9/18). Cuitan ini dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1440 H.

“(Hijrah 1)-Selamat tahun baru 1440 H. Mungkin di era sekarang hijrah tempat krn ancaman fisik lawan sdh tdk ada. Yang penting substansi hijrah adalah sikap mental utk berubah menjadi lebih baik. Hijrah dari kemunkaran ke ketakwaan. Tahun ini hrs lbh baik daripada tahun kemarin,” tulis Mahfud.

Mahfud juga menilai, satu pesan sangat berharga dari peristiwa hijrah ialah pentingnya ‘niat’ dari setiap tindakan. “Mari kita patok niat baik kita dalam setiap tindakan,” ajak Mahfud MD

“(Hijrah 2)- Salah satu pesan penting dari peristiwa hijrah adalah pentingnya “niat” dlm setiap tindakan. Setiba di Madinah dlm hijrahnya Nabi bersabda, “Innamal a’maal bin niyaat”, segala sesuatu tergantung pada niatnya. Mari kita patok niat baik kita dlm setiap tindakan,” tambahnya.

Kemudian, Mahfud juga menambahkan, ketika Rasul hijrah salah satu pesan pentingnya adalah membangun persaudaraan antar kaum muhajirin dan kaum anshor dalam satu ikatan negara bersama yang beradab (madany).

“(Hijrah 3)- Pesan penting lainnya dari Hijrah Rasul adl membangun persaudaraan antar kaum muhajirin dan kaum anshor dalam satu ikatan negara bersama yang beradab (madany). Nabi menyatukan dlm ikatan bernegara tanpa sekat2 keyakinan, warna kulit, budaya, gender. Civilized Society,” tutup Mahfud.[far]

Bagikan Ini :