Perdana Menteri Pakistan Nawaz Syarif. Foto : net

telusur.co.id – Mantan Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif dibebaskan sementara dari penjara karena menghadiri pemakaman istrinya Kulsoom Nawaz, yang meninggal pada hari Selasa.

Tak hanya Sharif, putrinya Maryam dan menantu laki-lakinya Muhammad Safdar juga dibebaskan bersyarat dari penjara di kota utara Rawalpindi, di mana mereka masing-masing menjalani hukuman 10 dan tujuh tahun penjara karena korupsi.

Mereka telah melakukan perjalanan ke kota Lahore di Timur, dalam pengawasan polisi sampai mereka kembali ke penjara dalam beberapa hari mendatang.

Mantan wanita pertama Kulsoom Nawaz meninggal di London pada hari Selasa setelah menderita penyakit berkepanjangan. Doa pemakaman Nawaz akan ditawarkan di masjid London, setelah itu tubuhnya akan diangkut ke Lahore untuk dimakamkan pada hari Jumat.

Sebagai data, Perdana Menteri Nawaz Sharif dan putrinya Maryam dihukum pada bulan Juli oleh pengadilan anti-korupsi karena tidak dapat membuktikan sumber dana yang digunakan untuk membeli satu set apartemen London kelas atas selama masa jabatan Sharif sebelumnya yang berkuasa.

Sharif juga menyerahkan denda $ 10,5 juta, sementara Maryam – yang telah menjadi wajah partai sejak penggulingan ayahnya sebagai perdana menteri tahun lalu – diberi denda $ 2,6 juta.

Suami Maryam Nawaz, Muhammad Safdar, juga dijatuhi hukuman satu tahun penjara atas tuduhan terkait. (ham)

Bagikan Ini :