Kalimalang

telusur.co.id – Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat berencana merevitalisasi Kalimalang, di Kota Bekasi.

Tak tanggung-tanggung, rencananya pria yang biasa disapa warga Jabar Kang Emil itu akan merevitalisasi Kalimalang menjadi seperti sungai ternama di Seoul, Korea Selatan, yakni Sungai Cheonggyecheon.

Hal tersebut sebagaimana terlihat dari foto yang diunggah Kang Emil di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Rabu (12/9/18).

Foto tersebut menyandingkan Kalimalang dengan Sungai Cheonggyecheon.

Warga Kota Bekasi tercinta, sudah dimulai desain dan perencanaan, revitalisasi Kalimalang. Semoga bisa sekeren sungai Cheonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_,” tulis Emil.

Sebelumnya, anggota tim sinkronisasi Ridwan Kamil wilayah Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek), Imam Malik menyebut ide revitalisasi Kalimalang Bekasi menjadi destinasi wisata air berasal dari aspirasi masyarakat Bekasi saat kampanye lalu.

Ide itu awalnya ingin menjadikan kawasan Kalimalang menjadi lokasi nongkrong yang asyik dan keren bagi warga Bekasi.

Adapun konsep revitalisasi seperti Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan, datang dari Ridwan Kamil.

Jokowi di Tepi Sungai Cheonggyecheon

Sebelumnya pula, Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan, menyempatkan diri dengan berjalan kaki menyusuri Sungai Cheongyecheon.

Mengenakan kaos putih dibalut dengan jaket merah, Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut Wali Kota Seoul Park Won-soon. Mereka pun bersama-sama menikmati jalan pagi di tepi sungai yang bersih itu.

“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” kata Jokowi.

Jokowi meyakini, sungai-sungai di Jakarta kalau mau dikerjakan sebagaimana Sungai Cheonggyecheon pasti bisa. Ia mengingatkan, sungai tersebut dibangun selama 2 tahun 3 bulan saat zaman Gubernur Lee Yon Park, yang lantas bisa menjadi Presiden karena membuat sungai tersebut menjadi bersih.

Soal kerja sama penanganan sungai, Jokowi mengatakan, bahwa Jakarta sendiri, sudah menjalin sister city dengan Seoul. [ipk]

Bagikan Ini :