FOTO: Humas Kementan

telusur.co.id- Kementerian Pertanian memberikan bantuan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Madalsari, Pandeglang, Banten. Bantuannya berupa ayam, pakan, sarana, obat dan vitamin.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, tujuan bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan pendapata rakyat yang kurang mampu.

“Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan penyediaan protein hewani dan pendapatan Rumah Tangga,” kata Ketut dalam keterangan persnya yang diteriam telusur.co.id, Kamis (13/9/18).

Ketut menuturkan, pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi. Mulai dari program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha kecil yang dijalankan oleh berbagai elemen pemerintah. Karenanya, Kementan tak hanya mendukung program, namun juga memberikan bantuan ternak dan pendampingan.

Secara nasional, tutur Ketut, bantuan ternak ayam pada Program #Bekerja ditargetkan 190.000 bagi RTM. Sebanyak 2.254 RTM di Pandeglang bantuan ternak ayam dialokasikan 112.700 ekor.

Ditjen PKH membantu 1.700 RTM dengan 85.000 ekor ayam, 510 Ton pakan dan obat-obatan 1.700 paket. Lalu, sisanya untuk 554 RTM dengan 27.700 ekor ayam dan paket pakan serta obat-obatan dari Badan Pengembangan SDM Pertanian.

“Bantuan dari Ditjen PKH telah terealisasi sebanyak 59,8 persen atau 50.850 ekor dengan pakan 50 Ton dan 1.017 paket obat-obatan. Pada hari ini akan dibagikan untuk 254 RTM dengan jumlah ayam 12.700 ekor dan pakan 12,7 Ton,” papar Ketut.

“Saya berharap sekali lagi kepada Tim Program #Bekerja Kabupaten Pandeglang dapat menyelesaikan pembagian paket ayam secara baik dan tepat waktu,” tandas Ketut.[Ham]

Bagikan Ini :