FOTO: telusur.co.d/Sasya

telusur.co.id- Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (DJP) Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama mengatakan bahwa para anggota DPRD banyak yang tidak paham terkait perpajakan. Padahal, mereka mengelola uang rakyat.

“Kadang caleg bahkan sudah menjadi anggota terutama DPRD itu kadang tidak mengerti jenis-jenis pajak. Mereka tidak bisa membedakan,” kata Hestu dalam sebuah diskusi di Kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (13/9/18).

Baca juga: Perludem Heran UU Pemilu Tak Wajib Caleg Laporkan SPT

Hestu berharap, calon legislatif bahkan jika sudah terpilih menjadi anggota dewan, bsai mendorong masyarakat untuk patuh membayar pajak. Untuk caleg, dorongan itu bisa disampaikan saat kampanye.

Sebelum meminta masyarakat untuk bayar, menurut Hestu, caleg tentunya harus memberikan contoh terlebih dahulu. “Artinya para caleg tersebut harus menjadi panutan rakyat dan termasuk menjadi panutan dalam hal ketaatan pajak,” imbuhnya.

Baca juga: Kader Banteng Tantang Para Caleg Buka-bukaan Soal Pajak

Menurut Hestu, para caleg hendaknya memiliki pemahaman yang cukup baik terkait perpajakan. Caleg harus mengetahui kegunaan pajak.

“Pemanfaatan pajak ini untuk apa? di dalam APBN strukturnya seperti apa? penerimaan negara, pajak tadi saya katakan, pemanfaatannya untuk apa. Harusnya para caleg memiliki pemahaman itu,” tutup Hestu.[tp]

Laporan: Sasya

Bagikan Ini :