Badan Urusan Logistik (Bulog). foto : net

telusur.co.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR, Viva Yoga Mauladi mengungkapkan jika peran Bulog saat ini sudah diamputasi oleh kebijakan pemerintah sendiri, sehingga Bulog tidak bisa berbuat apa-apa.

“Kemarin kita rapat dengan bapak Buwas. Jadi bulog itu mandul karena bulog sebagai operator, pemerintah sebagai regulator. Kemudian dari sisi kebijakan, Bulog tak bisa berbuat apa-apa,” ungkap Viva Yoga di Jakarta, Jumat.

Tak hanya kebijakan saja yang dimandulkan, dari jalur komersial juga belum maksimal, sedangkan fungsi sosial Bulog juga sudah dimandulkan. “Kenapa dimandulkan, karena dulu ada Raskin sekarang Rastra itu sudah masuk ke Kemensos sehingga Bulog tak bisa berperan apa-apa,” aku dia.

Untuk itu, tahun 2019 nanti Bulog mengajukan usulan agar badan BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai itu dihapus kemudian diganti dengan rastra saja dan rastra masuk ke dalam kuasa pengguna anggarannya adalah Bulog.

Soal lain, Viva juga menyoroti pembentukan Badan Pangan Nasional (BPN) yang tak terealisir, padahal UU pangan Pasal 125 menyuruh membentuk BPN. “Tapi tidak dilanjutkan oleh pemerintah sekarang yaitu amanahnya pemerintah wajib untuk membuat badan pangan nasional.”

BPN adalah suatu badan yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden dan diberikan  hak untuk membentuk badan usaha-badan usaha penyediaan pangan, penyerapan pangan, distribusi pangan dan lain sebagainya. Itu dalam rangka untuk pemenuhan tugas pokok fungsi badan  pangan nasional. “Seharusnya Oktober 2015 itu sudah terealisasi, tetapi hingga sekarang September 2018 badan pangan nasional belum juga terealisasi sebagai amanah UU,” ujar dia. (ham)

Bagikan Ini :