Kim Jong-un dan Moon Jae-in bergandengan. FOTO: Reuters

telusur.co.id- Kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Pyongyang pada Selasa (18/9/18) disambut hangat oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kedatangan Moon dalam rangka membicarakan mengakhiri nuklir. Tak hanya itu, kedua pemimpin ini akan membahas bersama-sama soal solusi mengakhiri perang Korea

Dilansir dari Reuters, dalam rangka menyambut Moon, ratusan warga Korut mengenakan pakaian tradisional, membawa bunga dan melambai-lambaikan tangan.

KTT Korea yang ketiga ini akan menjadi uji coba bagi pertemuan berikutnya yang baru-baru ini diusulkan Kim kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

KTT Korea yang ketiga ini juga diharapkan memberikan petunjuk apakah Kim benar-benar serius mengenai denuklirisasi yang menjadi komitmennya pada saat pertemuan dengan Trump di Singapura pada Juni lalu.

Menurut Staf Moon, Trump telah meminta Moon untuk menjadi negosiator utama antara dirinya dan Kim, usai Trump membatalkan perjalanan ke Pyongyang bulan lalu.

“Jika Korea Utara-AS. Dialog dimulai kembali setelah kunjungan ini, itu akan memiliki banyak arti tersendiri,” kata Moon sebelum keberangkatannya ke Pyongyang.

Kedua pemimpin ini akan duduk bersama untuk melakukan pembicaraan formal setelah makan siang, yang akan diikuti oleh pertunjukan musik dan jamuan makan malam.

Adapun pengusaha yang turut mendampingi Moon ke Pyongyang ialah Wakil Ketua Samsung Electronics Jay Y. Lee dan kepala SK Group dan LG Group, juga akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Korea Utara Ri Ryong Nam membahas persoalan ekonomi.

Pada Rabu (19/9/18) besok, dijadwalakn Moon dan Kim akan mengungkapkan pernyataan bersama, dan pakta militer terpisah yang dirancang untuk meredakan ketegangan dan mencegah bentrokan bersenjata.[Ham]

Bagikan Ini :